Selasa, 23 Februari 2010

Cerita kodok dan bangau

Di sebuah danau kecil yg letaknya agak jauh dari tempat tinggal manusia,hiduplah sekelompok hewan yg berhabitat dengan air.Diantara sekian banyak hewan tersebut adalah seekor kodok yg kerdil dan 2 ekor bangau.Diantara mereka tidak saling mengganggu atau memusnahkan,bahkan diantara mereka saling bantu dan menolong.

Pada suatu saat musim pun mulai berganti dari hujan ke musim kemarau.Kemarau yg berkepanjangan pun mulai dirasakan oleh kedua jenis binatang tersebut.Persediaan makanan yg mereka bergantung dari habitat air pun mulai berkurang.

Satu persatu binatang yg tinggal didanau kecil tersebut mulai berangsur untuk meninggalkan tempat tersebut,karena keterbatasan makanan yg ada.

Karena dirasakan sudah tidak mungkin lagi untuk tinggal didanau yg mulai kering tersebut,kedua bangau pun mengajak kodok untuk pergi ketempat lain yg ada makanan bagi mereka,seperti halnya binatang2 yg lainnya yg telah jauh hari meninggalkan mereka.

Kata ajakan pun dilontarkan dari bangau ke kodok yg kerdil tersebut untuk ikut meninggalkan tempat tersebut.Dan kodok pun menjawab dengan kata yg putus asa."mana mungkin aku akan ikut kalian,aku tidak punya sayap seperti kalian".

Tidak lama kemudian kodok pun membisikkan usulan kepada bangau tersebut dan sepertinya bangau pun setuju.Kemudian seekor bangau pun pergi meninggalkan kawan baiknya tersebut.Tidak lama setelah kepergiannya akirnya kembalilah bangau tersebut ketempat yg sama;dan terlihat pula sebatang kayu kering yg dijepit oleh kedua kakinya.Kodok pun menyambutnya dengan perasaan gembira.

Seperti yg telah disetujui oleh kodok dan bangau tersebut akirnya merekapun menjelaskan kebangau yg satunya untuk membawa pergi kodok kerdil tersebut ketempat yg baru. Merekapun akhirnya pergi. Setelah melewati sebuah perkampungan terdengarlah suara tepuk tangan dan segala pujian dari orang2 yg melihatnya.

Betapa tidak;orang2 kampung tersebut melihat seekor kodok yg kerdil menggigit sebatang kayu dan kedua ujungnya dipegang erat oleh kedua kaki bangau tersebut.Kodok pun merasa bangga terhadap ide yg dimilikinya tersebut.Kampung demi kampung telah dilewati oleh ketiga binatang tersebut.Alunan tepuk tangan dan sejuta pujian pun masuk ketelinga kodok. "Ide dan akal siapa itu,hebat sekali",kata setiap orang yg melihatnya. Kodokpun hanya menahan senyuman dan menggigit kayu tersebut dengan eratnya sambil sesekali melirik kearah orang yg memujinya.

Begitu bangganya kodok mendengar semua pujian dari manusia tersebut.Karena tidak tahan dgn pujian tersebut,kodok pun menjawab"IDE GUE DONG". Pada saat itulah kodok pun jatuh dari ketinggian bangau yg sedang terbang.Jatuh sampai mati. Dan tamatlah riwayat kodok tersebut.Apakah anda seperti kodok tersebut?

0 komentar:

Posting Komentar

Translate language!

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified